Selasa, 09 November 2010

PENYEMATAN KENAIKAN PANGKAT

‘’KAMI TARUNA DIKLAT AMG JAKARTA.....”.... SALING MENGHORMATI SESAMA TARUNA. Apa kabar taruna?? Ini kabar dari liputan upacara di kampus kita nan TERCINTA (AMG JAKARTA). Pada hari ini, 25 Oktober 2010 ada yang berbeda pada pelaksanaan apel pagi. Yaitu diadakannya Upacara kenaikan pangkat, dari balok 1 ke balok 2, dan dari balok 2 ke balok 3. Sedangkan calon taruna (CATAR) 2010 masih mengenakan seragam hitam putih karena seragam PDH mereka masih dalam proses penjahitan dan belum dilaksanakan penyematan (prosesi pengambilan atribut).
Upacara kenaikan pangkat ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, kenaikan tanda pangkat dilaksanakan ketika Calon Taruna selesai Penyematan dan taruna tingkat akhir selesai diwisuda. Drs. Suko Prayitno Adi, M.Si bertindak sebagai pembina Upacar yang berlansung dari pukul 07.00-08.15 wib. Perwakilan taruna yang naik ke tingkat 3 (pemasangan balok 3) diserahkan kepada taruna Imam, sedangkan perwakilan taruna yang naik tingkat 2 (pemasangan balok 2) diserahkan kepada taruni Linda Natalia So'langi.
Ketika ditanya kepada komandan batalyon (taruna Wahyu), mengenai adanya perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya beliau menjelaskan :

‘’ Dasar kami melaksanakan ini, karena kami sudah dinyatakan lulus tingkat 2 dan naik tingkat 3 serta berhak memakai balok 3. Selain itu, pak suko sering salah menyebut angkatan mereka (menganggap masih tingkat 2) karena masih mengenakan balok 2”. Jelasnya. “Nah.... untuk tingkat akhir (yang akan diwisuda) setiap ada urusan di kampus cukup mengenakan seragam tanpa atribut. Pada saat wisuda nanti akan diusulkan (kalau ada anggaran) mengenakan pangkat garuda”. Tambahnya. Padahal mulai tahun 2009 kampus sudah menetapkan wisuda masih mengenakan pangkat balok 3, pangkat garuda adalah warisan dari Departemen Perhubungan tidak perlu diikuti karena BMKG sudah lepas dari DEPHUB.
Berbeda dengan penjelasan ketua Majelis Permusyawaratan Taruna (MPT), taruna Warjono, beliau menjelaskan :

“ Pada saat tingkat akhir wisuda nanti, tetap mengenakan pangkta 3, sedangkan angkatan kami pangkatnya dilepas menjadi balok 2’’. “hanya satu hari itu saja”. Papar beliau. Sedikit aneh, pangkat koq lepas pasang (dipermainkan) hehehehehe.....

Mengacu pada kampus-kampus lain, beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) lain saat ditanya mengenai hal yang sama dalam proses kenaikan pangkat, Taruna Muhammad Yogi Laksamana dari Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta menjelaskan :
“Kalau di STPN, kenaikan tanda pangkat dilaksanakan setelah tingkat akhir wisuda. Sebelum merekan wisuda, tingkat dibawahnya belum boleh menambah Melati (Tanda pangkat di STPN)”.
Sedangkan mantan Taruni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta sekaligus alumni AMG 2009, Shinta Mediani, juga menjelaskan hal yang sama. “ STP juga menunggu tingkat akhir diwisuda, baru tingkat dibawahnya boleh menambah tanda pangkat.”
Hal yang senada juga dijelaskan oleh Taruna Dodi Kurniawan Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Beliau mengatakan :
“Junior menunggu tingkat akhir diwisuda, kalau sudah selesai baru diadakan apel penyematan kenaikan tanda pangkat”.
Kenapa AMG berbeda?????.....

=========I LOVE YOU FULL AMG==========

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution